Upaya Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia

Hello Sahabat History.....

Pada kesempatan kali ini kita akan belajar Sejarah Indonesia kelas XI,  KD 3.10 yakni membahas sejarah perjuangan bangsa Indonesia dalam rangka mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Simak dengan seksama yaah.

KD 3.10 (Menganalisis strategi dan bentuk perjuangan bangsa Indonesia dalam upaya mempertahankan kemedekaan dari ancaman Sekutu dan Belanda.

Tujuan Pembelajarannya adalah...

1. Menganalisis bentuk upaya bangsa Indonesia mempertahankan kemerdekaan dalam peristiwa Pertempuran Surabaya dan Bandung Lautan Api
2. Meneladani perjuangan bangsa Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan di masa kini

Materi Pembahasan 


A.    Pertempuran Surabaya (10 November 1945)
Pertempuran di surabya melawan pasukan sekutu tidak lepas kaitannya dengan peristiwa yang mendahuluinya, yaitu usaha perebutan kekuasaan dan senjata dari tangan jepang yang dimulai sejak tanggal 2 September 1945. Para pemuda Indonesia berhasil memiliki senjata dengan cara merampas dari tentara Jepang yang dinyatakan kalah perang. Namun pada tanggal 25 Oktober 1945, Brigade 49 di bawah pimpinan Brigadir Jendral A.W.S Mallaby mendarat di Surabaya. Dengan tujuan melucuti serdadu Jepang dan menyelamatkan para interniran sekutu. Kemudian di adakan pertemuan antara Brigadir Jendral A.W.S Mallaby dengan wakil-wakil pemeerintah RI dan berhasil mencapai suatu kesepakatan yaitu :
  • Inggris berjanji bahwa  diantara mereka tidak terdapat angkatan perag belanda.
  • Disetujuinya kerja sama antara kedua belah pihak untuk menjamin keamanan dan ketentrama.
  • Akan segera dibentuk kontak biro sehingga kerja sama dapat terlaksana dengan sebaik-baiknya.
  • Inggris akan hanya melucuti senjata jepang saja.
Pihak Republik Indonesia akhirnya memperkenankan tentara inggris memasuki kota dengan suatu syarat bahwa hanya objek yang sesuai dengan tugasnya saja yang dapat diduduki, seperti kamp-kamp tawanan perang. Pada tanggal 27 Oktober 1945 pukil 11.00 pesawat terbang Inggris menyebarkan pamphlet-pamflet yang beisi perintah agar agar rakyat jawa tmur menyerahkan senjata yang di rampas dari jepang, dan sikap itu menghilangkan kepercayaan pemerintah republic Indonesia terhadap pihak Inggris.

Pada tanggal 27 Oktober 1945, terjad kontak senjata yang pertama antara pasukan Indonesia dengan pasukan inggris. Kontak senjata itu meluas, sehingga terjadi pertempuan pada tanggal 28,29, dan 30 Oktober 1945. Dalam pertempuran itu, pasuan sekutu deapat di pukul mundur dan bahkan hamper da[at di hancurkan oleh pasukan Indonesia. Pimpinan pasuka Sekutu Brigadir Jendral A.S.W Mallaby berhasil ditawan oleh para pemuda Indonesia. Pada tanggal 30 Oktober 1945, Bug Karno, Bung Hatta dan Amir Syarifuddin dating ke Surabaya untuk mendamaikan perselisihan itu. Perdamaian berhasil dicapai dan ditandatangani oleh kedua belah pihak. Akan tetapi setelah Bug Karno, Bung Hatta dan Amir Syarifuddin  kembali ke Jakarta, pertempuran tidak dapat dielakan lagi dan menyebabkan terbunuhnya Brigadir Jendral A.W.S Mallaby.

Pasukan inggris kemudian mendatagkan bala bantua dari Divisi V dipimpin Mayor Jendrl Mansergh dengan 24.000 anak buahnya mendarat di Surabaya. Tanggal 9 November 1945, Inggris mengeluarkan Ultimatum yang berisi ancaman, namun Ultimatum itu ternyata tidak ditaati. Pada tanggal 10 November 1945 terjadi pertempuran  yang sangat dahsyat.


Untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam, simak videonya yah

B. Peristiwa Bandung Lautan Api


Pasukan Sekutu Inggris memasuki kota Bandung sejak pertengahan Oktober 1945.  Menjelang November 1945, Pasukan NICA  melakukan aksi terror di Bandung.  Masuknya tentara sekutu, (Inggris dan Gurkha) dimanfaatkan NICA untuk mengembalikan kekuasaannya di Indonesia.  Namun semangat juang rakyat dan para pemuda Bandung tetap berkobar. Pertempuran besar dan kecil berlangsung terus di kota Bandung  untuk mempertahankan kedaulatan Republik Indonesia yang baru didirikan. Untuk meredakan ketegangan diadakan perundingan antara pihak RI dengan sekutu/NICA.  Akhirnya, Bandung dibagi menjadi dua bagian.  Pasukan sekutu menduduki wilayah Bandung bagian utara, sedangkan Indonesia memperoleh bagian selatan.  Dalam situasi yang sedang memanas tersebut, bendungan Sungai Cikapundung jebol dan menyebabkan banjir besardalam kota.

Meskipun pihak Indonesia telah mengosongkan Bandung Utara, tapi sekutu menuntut pengosongan sejauh 11 km.  Hal itu menyebabkan rakyat membumihanguskan segenap penjuru Bandung selatan.  Bandung terbakar hebat dari batas timur Cicadas sampai batas barat Andir.  Satu juta jiwa penduduknya mengungsi ke luar kota pada tanggal 23 dan 24 Maret 1946.  Meninggalkan Bandung yang telah menjadi lautan api.

Sementara itu benteng NICA di Dayeuh Kolot, Bandung Selatan di kepung oleh para pejuang Bandung. Kemudian muncuk pemuda bernama Muhamad Toha yang berjibaku untuk menghancurkan gudang mesiu dengan membawa alat peledak.  Gudang Mesiu milik NICA itu hancur dan Toha gugur dalam menunaikan tugasnya.  Peristiwa itu difilmkan dengan judul “Toha Pahlawan Bandung Selatan”

Berikut Videonya

 

Penugasan/ Evaluasi

0 komentar: